Cari Refill Oksigen? SehatQ Solusinya!

  • Whatsapp
Cari Refill Oksigen? SehatQ Solusinya!

PlayOn – Informasi tentang refill oksigen sebagai alat bantu pernapasan semakin santer dicari semenjak virus covid-19 datang ke Indonesia. Virus covid-19 ini merupakan jenis virus baru yang pertama kali terdeteksi di Wuhan 31 Desember 2019 dan kemudian sampai di Indonesia sejak 2020.

Refill oksigen memiliki banyak fungsi dan kegunaan bagi pasien yang terinfeksi virus covid-19. Review selengkapnya beserta informasi fungsi refill oksigen itu sendiri bisa Anda simak dalam uraian berikut ini!

Cara Kerja Refill Oksigen

Refill oksigen memang sangat dibutuhkan oleh penderita covid-19 dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu langkah kita dalam aksi tanggap covid. Virus ini menyerang pernapasan oleh karena itu penderitanya seringkali mengalami tanda dan gejala seperti terkena penyakit asma atau radang bronkus.

Untuk mengurangi gejala yang dirasakan tersebut, refill oksigen dibutuhkan. Lantas fungsinya seperti apa dan cara kerjanya bagaimana?

Refill oksigen memiliki beberapa fungsi di antaranya :

  • Mengurangi sesak nafas
  • Membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang yang terkendala di bagian pernapasan

Refill oksigen yang merupakan sebuah alat bantu pernapasan juga seringkali dimanfaatkan untuk mengurangi beberapa gejala sebagai berikut :

  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Radang paru – paru
  • Asma
  • Gagal jantung
  • Fibrosis kistik
  • Displasia bronkopulmonalis yang kurang berkembang pada bayi baru lahir
  • Apnea tidur
  • Trauma pada sistem pernapasan yang sering dialami oleh orang yang terinfeksi virus covid-19.

Dengan banyaknya manfaat atau fungsi dari refill oksigen oleh karena itu banyak orang yang mencari alat bantu pernapasan ini. Cara kerjanya adalah menyaring udara dan mengompres pada tingkat kepadatan yang diperlukan. Oksigen dengan kadar medis untuk selanjutnya dimurnikan dalam sistem pengiriman atau sistem aliran berkelanjutan pada pasien.

Sebuah filter yang dibuat secara khusus serta sistem saringan yang dapat membantu menghilangkan nitrogen dari udara disematkan. Filter kombinasi tersebut juga berguna untuk memastikan pengiriman oksigen akan dimurnikan sepenuhnya kepada pasien.

Namun sebelum pasien menggunakan alat ini sebagai alat bantu pernapasan, terlebih dahulu dokter akan menguji benarkah pasien butuh alat bantu pernapasan atau tidak. Dokter akan melakukan pengecekan terhadap jumlah oksigen dalam darah arteri pasien terlebih dahulu.

Cara lain untuk memeriksa kebutuhan kadar oksigen dalam darah pasien adalah dengan memanfaatkan oksimeter denyut dan jika menggunakan cara kedua ini pengecekan saturasi oksigennya tidak membutuhkan sample darah.

Pasien yang memiliki nilai oksigen darah arteri sebesar 75 sampai 100 mmHg (millimeter air raksa) maka ia dikatakan tidak butuh oksigen tambahan karena kadar oksigennya normal. Sementara jika kadar oksigen darah arteri berada di kisaran 60 mmHg atau bahkan lebih rendah dari angka tersebut maka bisa dikatakan bahwa seseorang tersebut butuh oksigen tambahan.

Kekurangan oksigen dapat menyebabkan resiko kematian. Pun begitu dengan kelebihan atau terlalu banyak oksigen dalam darah arteri juga sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kematian. Tingkat oksigen darah arteri dikatakan tinggi jika berada di atas angka 110 mmHg.

Jika Anda membutuhkan refill oksigen untuk keperluan diri sendiri atau keluarga, kini Anda tidak perlu keluar rumah. Anda bisa buka smartphone dan buka website sehatq.com. Anda bisa membeli refill oksigen dan konsultasi masalah kesehatan Anda.

Berbagai informasi tentang covid-19, cara pencegahan sampai cara penanggulangan terhadap pasien yang terinfeksi akan diberikan oleh tim medis SehatQ.com. Jadi, tunggu apalagi? Anda yang butuh informasi tentang berbagai hal menyangkut masalah kesehatan, tips trik dan belanja obat atau alat kesehatan bisa mengakses SehatQ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *